Prabowo-Gibran Diprediksi Menang Satu Putaran, PDIP Bakal Gagal Ciptakan Hattrick?

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Prabowo-Gibran Diprediksi Menang Satu Putaran, PDIP Bakal Gagal Ciptakan Hattrick?

Sunday, November 26, 2023

Hasil survei elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang dilakukan Voxpopuli Research Center menunjukan kemungkinan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming menang satu putaran sangat besar.

Bahkan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diprediksi tergeser Gerindra.

Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja mengungkapkan prediksi tersebut berdasarkan survei yang dilakukannya menunjukan pasangan capres-cawapres nomor dua bakal menang dalam satu putaran.

"Prabowo-Gibran berpeluang menang satu putaran pada Pilpres 2024 mendatang," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta pada Jumat (24/11/2023).

Ia mengungkapkan dalam simulasi tiga pasangan, elektabilitas Prabowo-Gibran menembus 51,4 persen atau jauh tinggalkan Ganjar-Mahfud yang hanya mendapat 24,3 persen dan Anies-Muhaimin 16,6 persen.

Berdasarkan hasil survei lembaganya, Achmad mengungkapkan ada lonjakan signifikan dalam elektabilitas Prabowo saat memutuskan memilih anak sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Lebih lanjut, ia menjelaskan survei yang digelar pada September 2023 silam, elektabilitas Prabowo belum mencapai 40 persen.

"Masuknya nama Gibran sebagai cawapres mendongkrak elektabilitas Prabowo hingga mendapat tambahan hampir 15 persen dalam simulasi pasangan capres-cawapres," katanya.

Game Changer

Ia kemudian menilai dengan kehadiran Gibran di kontestasi Pilpres 2024 menjadi game changer.

"Sebelumnya Prabowo dan Ganjar bersaing cukup ketat, hingga kemungkinan Pilpres harus berlangsung dalam dua putaran," katanya.

Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan berdasarkan hasil riset lembaganya, Partai Gerindra besutan Prabowo Subianto juga berpeluang memenangkan Pemilu Legislatif 2024.

"Gerindra berpotensi menjadi pemenang Pemilu 2024, sekaligus menggagalkan tekad PDIP untuk meraih hattrick," katanya.

Dari hasil survei Voxpopuli, PDIP yang sebelumnya selalu unggul terancam gagal menciptakan hattrick.

Elektabilitas Gerindra unggul tipis, yakni 18,6 persen dibandingkan PDIP yang hanya mendapat 18,0 persen.

Survei Voxpopuli Research Center sendiri dilaksanakan pada periode 9-15 November 2023. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Sedangkan, margin of error survei sebesar ±2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.(suara.com)