Tak Tahan Dengar Tuduhan ke Gibran, Wagub Jawa Timur Angkat Bicara: Dear Netizen......

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Tak Tahan Dengar Tuduhan ke Gibran, Wagub Jawa Timur Angkat Bicara: Dear Netizen......

Thursday, November 23, 2023

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak angkat bicara terkait makin tajamnya serangan sejumlah pihak yang dialamatkan kepada Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden Prabowo Subianto.

Kini ia pasang badan untuk bela Putra Sulung Presiden Jokowi. Ia menyebutkan bahwa dirinya prihatin atas tuduhan para pihak kepada Wali Kota Solo yang kini menjadi cawapres Prabowo Subianto itu.

Kepada para awak media, Emil Dardak yang juga Alumni Ritsumeikan Asia Pacific University, Jepang ini menekankan bahwa ia membela Gibran bukan saja karena sebagai juru bicara.

Ia melakukan itu karena alur pendidikan yang dilalui Gibran mirip dengan yang telah dilaluinya. "Saya sebagai seseorang yang kisahnya sama, bahwa Mas Gibran itu ambil program O level di Singapura. Saya juga dulu juga sama, ambil O level di Singapura,” ujarnya memulai pembicaraan.

Mas Gibran, kata dia, sekolah private college. Jadi sebuah perguruan tinggi yang menjalankan program gelar bekerja sama dengan universitas dari Inggris atau Australia.

Pada proses pendidikan tersebut, lanjut dia, Gibran mengambil program dengan Inggris University of Bradford, melalui MDIS (Management Development Institute of Singapore).

Dulu, katanyaia pernah mengambil program dengan University of Wales melalui sebuah perguran tinggi Indonesia yang namanya Universitas Indonusa Esa Unggul.

Sementara di dalam negeri, juga telah ada pengakuan kesetaraan ijazah dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) yang menjadi landasan pendidikan yang ditempuh.

Karenanya, Emil Dardak yang juga memperoleh gelar diploma dari Melbourne Institute of Business and Technology ini, berharap hal tersebut tak menjadi polemik berkelanjutan.

"Atas dasar kesamaan tersebut saya bisa memahami, mungkin bagi sebagian pihak mereka bertanya-tanya sebenarnya seperti apa? Alhamdulillah sudah banyak penjelasan, termasuk pengakuan kesetaraan ijazah dari DIKTI," ujarnya.

Emil juga berpesan kepada publik agar tidak melihat setiap isu dari satu sisi semata. Dapatkanlah informasi secara obyektif sehingga hal yang dicermati pun apa adanya.

“Jangan mengambil satu fakta dari satu opini saja, tetapi juga perlu mencari informasi dari pihak lain lalu gunakan hati nurani," pesan Emil.

"Bukan hanya kontra, tetapi yang pro juga disaring informasinya sehingga informasi yang diterima benar-benar obyektif," ujar Emil yang juga Mantan Bupati Trenggalek ini.

Ia menyampaikan harapannya tersebut merespon tudingan Dokter Tifa yang mempersoalkan ijazah Gibran  yang disebut sebagai ijazah palsu serta setara SMA.

Melalui akun Twitternya, @DokterTifa, ia mempertanyakan keabsahan ijazah S1yang dikantongi Gibran. Bahkan dalam unggahannya Dokter Tifa menuding Gibran mengantongi ijazah palsu.

Jadi Jubir Gibran

Untuk diketahui, Emil Dardak yang juga Wagub Jawa Timur bersama istrinya, Arumi Bachsin, dipercayakan menjadi Juru Bicara Gibran Rakabuming yang kini menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto.

Predikat ini melekat pada Emil Dardak yang juga kader Partai Demokrat itu setelah pada diumumkan langsung oleh Gibran pada 14 Oktober 2023. Saat itu Emil bersama sang istri, Arumi Bachsin diangkat menjadi Jubir Kampanye untuk Putra Sulung Presiden Jokowi tersebut.

Emil dan Arumi, kata Gibran, merupakan paket lengkap untuk menjadi Jubir Prabowo-Gibran yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju tersebut.

Saat itu, Gibran menyerahkan semua urusan media kepada keduanya dan Wali Kota Solo itu fokus blusukan ke pasar dan kampung-kampung.

Biodata Emil Dardak

Untuk diketahui, Emil Dardak merupakan putra Hermanto Dardak dan Sri Widayanti. Ia lahir pada 20 Mei 1984. Di jajaran pemerintahan, orangtua Emil Dardak bukan orang sembarangan.

Sang ayah merupakan Wakil Menteri Pekerjaan Umum pada 2010 sampai 2014. Sedangkan sang ibu, merupakan keturunan dari Letjen Anumerta Wiloe Poespujudo yang menjabat sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional pertama dalam era Bung Karno. 

Emil menikah dengan Arumi Bachsin, sosok yang tersohor setelah memulai karir sebagai selebriti. Emil dan Arumi dikaruniai dua orang anak, yaitu Lakeisha Ariestia Dardak dan Alkeinan Mahsyir Putro Dardak. 

Emil Dadrak menyandang gelar diploma sejak berusia 17 tahun di Melbourne Institute of Business and Technology. Ia kemudian mendapatkan gelar S1 di New South Wales University, Australia. Sosok ini kemudian melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Risumeikan Asia Pasific University, Jepang.

Senang Jajal Tantangan

Emil Dardak rupaya sosok yang suka menjajal tantangan. Ia pernah menjadi karyawan, bekerja di World Bank Officer di Jakarta sejak 2001-2003.

Tak puas dengan bekerja di lembaga ini, ia kemudian pindah dan bekerja di Media Analysis Consultant di Ogilvy. Bahkan sempat menjabat sebagai Communication Executive Vice Presiden di PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

Beberapa tahun kemudian, Emil menjajal dunia entertainment di tahun 2009 dengan merilis single remake berjudul "Sesaat Kau Hadir" tembang manis Utha Likumahuwa.

Berselang 6 tahun berikutnya, Emil bergabung lagi dengan dunia politik, maju di Pilkada Trenggalek 2015 berpasangan dengan Mochammad Nur Arifin.

Kala itu, ia diusung Partai Hanura, Partai Demokrat, Partai Amanah Nasional, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Kemudian di tahunu 2018, Emil digandeng oleh Khofifah Indar Parawansah untuk maju dalam Pilgub Timur  dan terpilih sehingga saat ini mengemban jabatan sebagai Wakil Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Keduanya memenangkan Pemilihan Gubernur di Jawa Timur dengan jumlah suara mencapai 53 persen. Atas dasar itulah sehingga saat ini Emil mendampingi Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jatim.

Terkait dengan hal ini, baru-baru ini pada momen HUT Partai Golkar di tahun 2023, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menugaskan Khofifah untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran di Jawa Timur.

Kini debut Emil Dardak untuk menangkan Koalisi Indonesia Maju di Pilpres 2024 sudah mulai terlihat. Ia mengawalinya dengan membela Gibran yang saat ini diserang dari berbagai arah oleh papra pihak.(kupang.tribunnews.com)