Gibran Bikin Wartawan Wanita Ini Trauma? Gegara 'Kemlinti' Jawab Alasan Kampanye di Jabodetabek

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Gibran Bikin Wartawan Wanita Ini Trauma? Gegara 'Kemlinti' Jawab Alasan Kampanye di Jabodetabek

Wednesday, November 29, 2023

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali menjadi sorotan usai ditanya soal lokasi pertama kampanye Pilpres 2024. Diketahui Gibran yang menjadi cawapres Prabowo Subianto akan menggelar kick off kampanye perdana di Jabodetabek.

Pemilihan Jabodetabek sebagai lokasi kampanye Prabowo - Gibran pun membuat penasaran publik. Seorang wartawan wanita kemudian menanyakan kepada anak Presiden Jokowi ini mengapa memilih Jabodetabek sebagai lokasi kampanye pertama.

Potongan video pertanyaan dari wartawan ini viral di X atau Twitter. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pemilik akun @/BangPino_ pada Selasa (28/11/2023).

Awalnya terdengar wartawan pria menanyakan apa agenda Gibran di kampanye perdana. Gibran kemudian menjelaskan bahwa dirinya masih fokus bertugas sebagai Wali Kota Solo, serta tidak mengikuti kampanye perdana yang dimulai pada Selasa, 28 November 2023.

"Ngantor biasa. Minggu ini kami fokuskan untuk penyelesaian Solo Safari, Taman Balekambang sama persiapan Semifinal dan Final Piala Dunia U-17,' jawab Gibran.


Wartawan pria ini kemudian bertanya kembali apa agenda Prabowo yang menjadi pasangan Gibran. Tak disangka, kakak Kaesang Pangarep ini hanya memberikan jawaban satu kata.

"Kalau Pak Prabowo-nya? Kalau Pak Prabowo (agendanya) hari ini?" tanya wartawan pria ini.

"Rahasia," jawab singkat Gibran.

Seorang wartawan wanita kemudian ganti bertanya. Ia menanyakan alasan sosok yang akrab disapa Mas Wali itu mengapa memilih Jabodetabek sebagai lokasi kampanye pertama.

"Mas kenapa memilih Jabodetabek sebagai kick off pertama kampanye Prabowo Gibran?" tanya seorang wartawan wanita saat bertemu Gibran.

Namun alih-alih memberi jawaban berbobot, Gibran malah melontarkan jawaban yang dinilai 'kemlinti' oleh warganet. Dia mengatakan seharusnya sang wartawan tidak perlu melontarkan pertanyaan seperti itu.

"Yang kayak gitu gak perlu ditanyakan," jawab Gibran.

Sontak respons Gibran saat menanggapi pertanyaan wartawan wanita itu ramai disorot. Hingga berita ini dipublikasikan, potongan video yang viral itu telah disaksikan lebih dari 800 ribu kali dan mendapatkan 4 ribu tanda suka.

Warganet juga ramai memberikan kritikan kepada Gibran. Tak sedikit yang menilai seharusnya Gibran sebagai cawapres bisa memberikan jawaban berbobot dan tidak terkesan cuek.

"Kemlinti men," sahut warganet.

"Kemaki tenan cah," celetuk warganet.

"Gayanya sok cuek, sok gak butuh, sok ga peduli. Kalau bahasa Solonya = kemlinti," nilai warganet.

"Semoga mbak wartawannya gak mengalami trauma bertanya pada cawapres ini," tulis warganet dengan emoji ngakak.

"Kayak orang yang bangun tidur dari siang sampai Maghrib," tulis warganet.

"Masih lebih mending bapaknya, masih bisa menyampaikan jawaban kalau di wawancara wartawan dan setidaknya bapaknya gak pernah tengil gitu gayanya," tambah yang lain.

"Heran, kayak gini kok jadi cawapres sih?" kritik warganet.

"Bantu saya jawab nih bran @gibran_tweet. Jabodetabek itu kan bisa dibilang jantungnya NKRI, ada ibukota negara juga di sana. Tentu mata rakyat akan tertuju kesana bila momen kick off kampanye dari sana. Itu salah satu strategi timses kami. Gampang kan," komentar warganet memberi contoh jawaban yang benar.

"Ini udah masa kampanye, dan sebagai cawapres, ya pasti wartawan tanya politik. Gak ada respeknya sama sekali, respons jawab dan senyum aja males malesan, gak cocok jadi orang publik figur apalagi pejabat. Udah bener balik jadi pengusaha aja dah," kritik lainnya.(suara.com)