Respons Tak Terduga Jokowi Usai Nama Gibran Menguat Jadi Cawapres Prabowo

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Respons Tak Terduga Jokowi Usai Nama Gibran Menguat Jadi Cawapres Prabowo

Thursday, October 12, 2023

 


Dukungan agar Wali Kota Surakarta (Solo) Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal cawapres untuk mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menguat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons menguatnya dukungan terhadap putra sulungnya itu.

Hal tersebut ditanyakan ke Jokowi usai melakukan panen raya di Jalan PLTU Indramayu, Desa Karanglayung, Sukra, Jawa Barat, Jumat (13/10/2024).

Jokowi ditanya apakah ada pembicaraan dengan Gibran soal dukungan tersebut. Jokowi mengatakan dirinya belum bertemu dengan putra sulungnya itu beberapa bulan ini.

"Beberapa bulan nggak pernah ketemu," kata Jokowi.


Jokowi juga ditanya soal anggapan dinasti politik jika Gibran benar jadi bakal cawapres Prabowo untuk Pilpres 2024. Jokowi menyerahkan hal itu ke masyarakat.


"Serahkan masyarakat saja," ujarnya.


Sebagai informasi, nama Gibran menguat di bursa bakal cawapres Prabowo. Pengurus Gerindra di sejumlah daerah hingga sejumlah organisasi relawan mengusulkan duet Prabowo-Gibran untuk Pilpres 2024.


Namun, usia Gibran belum mencukupi persyaratan batas minimal usia capres-cawapres jika mengikuti aturan yang ada saat ini. Batas usia capres-cawapres saat ini yakni minimal 40 tahun.


Aturan batas usia tersebut tengah digugat di Mahkamah Konstitusi (MK). MK akan memutuskan gugatan tersebut pada Senin (16/10). detik.com