Makin Mirip, Teori Konoha Adalah Indonesia Terbukti dari Kisah Gibran dan Prabowo?

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Makin Mirip, Teori Konoha Adalah Indonesia Terbukti dari Kisah Gibran dan Prabowo?

Monday, October 23, 2023


  Indonesia kerap kali disebut-sebut sebagai Konoha yang merupakan nama desa fiksi dalam serial anime Naruto Shippuden. Sebutan Indonesia sebagai Konoha kadang diucapkan sebagai lelucon atau sindiran yang dilakukan oleh warganet di media sosial.

Namun dalam perkembangannya, tak sedikit warga yang melakukan cocoklogi mengenai kondisi perpolitikan Indonesia dengan situasi yang terjadi di Konoha.

Bahkan, sejumlah tokoh dalam serial anime Naruto itu memiliki kemiripan dengan tokoh politik yang ada di Indonesia.

Seperti apakah kesamaan Indonesia dengan Konoha? Berikut ulasannya.

Kesamaan pemimpin negara

Indonesia dan Konoha disebut-sebut memiliki kemiripan dalam hal pemimpinnya. Sama seperti Indonesia, Konoha juga telah berganti Hokage (pemimpin desa) sebanyak 7 kali.

Hokage pertama yakni Hashirama Senju merupakan pendiri Konoha yang dianggap mirip dengan presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Hokage Konoha kedua, Tobirama disebut mirip Soeharto karena membenci klan Uchiha, sebagaimana Soeharto membenci Partai Komunias Indonesia (PKI).

Sementara Hokage ketiga, Hiruzen Sarutobi mirip dengan BJ Habibie yang sama-sama memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Lalu Hokage  ke empat adalah Minato Namikaze relamelepas jabatan demi perdamaian, sehingga disebut mirip dengan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) presiden Indonesia ke empat.

Hokage kelima,yakni Tsunade mirip dengan Megawati Soekarnoputri, yang sama-sama keturunan pemimpin pertama.

Lalu Hokage keenam, yakni Kakashi Hatake mirip dengan Susilo Bambang Yudhoyono yang merupakan bagian dari pasukan militer.

Kemudian Hokage Konoha ketujuh adalah Naruto Uzumaki yang mencoba menciptakan perdamaian dengan negara lain, disebut mirip dengan Presiden Joko Widodo.

Awalnya bersaing lalu menjadi kawan

Kondisi perpolitikan Indonesia lainnya yang disebut-sebut mirip dengan Konoha adalah bagaimana cara para pemimpinnya mempertahankan kekuasannya.

Kesamaannya itu telihat dari rival masing-masing, yakni Naruto dan Sasuke yang dinilai mirip dengan Jokowi dan Prabowo.

Ketika memimpin Konoha, posisi keduanya dinilai mirip, yakni Naruto sebagai pempin Konoha dan Sasuke sebagai keamanan di Konoha.

Hal itu mirip dengan Jokowi sebagai presiden Indonesia dan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

“Ini jelaslah, Prabowo dari dulu rivalnya Jokowi, udah dua kali Pilpres lawanan berdua. Sama kayak Sasuke yang sudah ngelakuin final battle dua kali dengan Naruto. Akhirnya beneran, Naruto memenangkan pertandinan dan menjadi pemimpin Hokage,” ujar akun TikTok @ngelantur_idn.

Sosok Gibran di Konoha

Akun TikTok @ngelantur_idn juga menyebut Gibran Rakabuming juga mirip dengan sebuah tokoh dalam Konoha. Menurutnya, sosok Gibran di perpolitikan Indonesia mirip dengan karakter Boruto yang merupakan murid dari Sasuke.

Hal itu merujuk pada keputusan Gibran saat ini untuk maju sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Kemiripan Gibran dengan Boruto sendiri lantaran Boruto adalah anak Naruto si Hokage ke tujuh.

Wuih, bisa mirip banget ya!